Berita dan Informasi

Sambutan direktur utama Bank SulutGo pada apel mengawali tahun kerja 2016

Sambutan direktur utama Bank SulutGo pada apel mengawali tahun kerja 2016

Yang saya hormati,
Rekan-rekan direksi bank sulutgo
Para group head
Pemimpin & wakil pemimpin divisi
Para pemimpin departemen
Para pemimpin & wakil pemimpin cabang
Seluruh pegawai bank sulutgo dari kantor pusat sampai kantor cabang yang tersebar di  provinsi sulawesi utara, provinsi gorontalo, provinsi jawa timur dan provinsi dki jakarta …yang saya cintai.

Salam sejahtera bagi kita semua… syalom,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Puji dan syukur patutlah kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha kuasa. Karena, atas kasih karunia dan penyertaannya, kita telah melewati tahun 2015 dan melangkah di hari yang baru pada tahun 2016 dalam keadaan sehat walafiat.

Tahun 2015, bagi kami dan dunia perbankan adalah tahun yang sangat dinamis dan penuh dengan tantangan. Disamping gejolak internal, kondisi perekonomian indonesia begitu terpengaruh dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi hampir diseluruh provinsi dan dampak pemulihan perekonomian global yang tidak berimbang sehingga memberikan tekanan pertumbuhan pada negara berkembang. Secara umum, kondisi yang kurang kondusif tersebut berdampak terhadap kenaikan biaya bunga secara umum.
Situasi yang demikian adalah fenomena perbankan nasional ditahun 2015, sehingga tahun itu pula  pertumbuhan perbankan nasional mengalami penurunan dibandingkan pertumbuhan yang terjadi pada tahun 2014. Pertumbuhan kredit hanya sebesar ± 11,1% dan dana masyarakat bertumbuh ± 11,7% sedangkan npl 2,7%. Namun oleh bank indonesia menyatakan bahwa stabilitas sistem keuangan tetap solid, karena ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaga kinerja pasar keuangan, hal tersebut memberikan sinyal bahwa kita optimis di tahun 2016 ini merupakan tahun gemilang bagi bank sulutgo.

Karyawan/ti bank sulutgo yang saya banggakan…
Tentunya kita perlu mensyukuri bahwa bank sulutgo mampu melalui rintangan yang berat yang begitu mempengaruhi kinerja bank. Kita patut berbangga karena ditahun 2015 berhasil membuka 15 kantor baru dan 4 kantor hasil peningkatkan status dibanding tahun 2014, dengan rincian penambahan masing-masing 2 kantor cabang dari 21 menjadi 23 kantor cabang, 3 kantor cabang pembantu dari 23 menjadi 26, 14 kantor kas dari 28 menjadi 42 kantor kas, sehingga secara keseluruhan kita telah memiliki 92 kantor (termasuk kantor pusat). Selanjutnya disamping itu didukung pula oleh 11 payment point, dan 3 kas keliling serta penambahan mesin atm sebanyak 24 unit dari 104 menjadi 131 atm, dan 1.772 pegawai yang tersebar dari sulawesi utara, gorontalo,  jawa timur dan jakarta. Disamping itu kita patut berbangga dan berterima kasih kepada pemegang saham yang telah menyetujui perubahan nama perseroan dari pt bpd sulawesi utara menjadi pt bank pembangunan daerah sulawesi utara gorontalo, disingkat bank sulutgo yang memberikan warna baru dengan mengakomodir provinsi gorontalo maka akan semakin menggairahkan upaya bank sulutgo meraih regional champion dan trasformasi bpd diwilayah sulawesi utara dan gorontalo. Program transformasi bpd-si berarti bank sulutgo sebagai bagian dari bpd-si harus menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat, serta berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah yang berkelanjutan. Melalui program transformasi diharapkan bpd akan menjadi pemimpin didaerahnya dan sebagai grup bank terbesar, terbaik, dan terkuat di industri perbankan nasional. Sebagaimana tiga sasaran yang akan dicapai yakni 1.meningkatnya daya saing, 2.menguatnya ketahanan kelembagaan, dan 3.meningkatnya kontribusi terhadap pembangunan daerah. Untuk itu pada kesempatan ini atas nama manajemen bank sulut saya mengajak kita semua untuk mewujudkan visi transformasi bpd dan mencapai apa yang telah kita cantumkan dalam corporate plan maupun dalam rbb bank sulutgo tahun 2016.

Karyawan/ti bank sulutgo yang saya banggakan…
Berbagai keberhasilan telah kita raih di tahun 2015, tidak luput dari perhatian lembaga pemeringkat baik secara pribadi maupun istitusi telah kita terima, diantaranya infobank award 2015 ”bank peringkat sangat bagus”, penghargaan gold champion of indonesia wow service excelence award 2015 kategory conventional bank (buku i + ii) region sulawesi maluku papua, maupun majalah economic review melalui anugerah perbankan indonesia 2015, telah menganugerahkan tiga perhargaan masing-masing: peringkat 1 finance (efficiency & profit) buku ii kategori bpd, peringkat pertama 1 finance (value creation) buku ii kategori bpd, dan peringkat pertama gcg buku i kategori bpd. Tentunya semua itu merupakan hasil kerja keras dan prestasi kita semua yang memiliki bank sulutgo. Atas nama direksi bank sulutgo, saya  menyampaikan banyak terima kasih atas segala kontribusi, prestasi terutama rasa memiliki bank ini, sehingga bank sulutgo telah berkembang dan menjadi bank yang sangat diperhitungkan di dunia perbankan nasional.

Karyawan/ti bank sulutgo yang saya hormati…
Keberhasilan yang telah kita raih pada tahun 2015 tentunya tidak membuat kita larut dalam kegembiraan yang membuat kita lengah. Beberapa catatan penting yang menjadi perhatian kita bersama bahwa kondisi dunia perbankan ditahun 2016 relatif lebih baik dari tahun 2015. Bank indonesia menilai bahwa stabilitas makro ekonomi semakin baik, sehingga terdapat ruang bagi pelonggaran kebijakan moneter, sehingga membuka peluang kita untuk meningkatkan volume kredit dan optimalisasi sektor umkm dimana data biro riset infobank per september 2015 bank sulutgo menempati urutan ke 21 dari 26 bpd-si, tentunya posisi tersebut harus kita perbaiki di tahun 2016 ini. Disamping itu pula kita tetap menerapkan strategy penghimpunan dana masyarakat yang memperhatikan tingkat efisiensi, dan benar-benar memfokuskan pada dana murah tabungan dan berbiaya rendah. Demikian halnya dengan pengelolaan biaya-biaya umum.  Berikut beberapa besaran rencana bisnis yang perlu saya sampaikan untuk kita capai tahun 2016 sbb :
•    Dana pihak ketiga sebesar rp 10,56 triliun
•    Pinjaman yang diberikan sebesar rp 10,33 triliun
•    Car 15,07%
•    Laba setelah pajak sebesar rp.180 miliar
•    Total asset sebesar rp 14,11 triliun
•    Modal inti diatas 1 triliun

Disamping angka kuantitatif tersebut, kita wajib melakukan pengelolaan keuangan yang bersih, transparan, akuntabilitas, responsibility, independent dan fairness, yang kesemuanya terangkum dalam penerapan good coorporate governance (gcg) bank sulutgo, dan bank dalam menjalankan bisnis harus berpegang teguh pada prinsip prudential banking. Penerapan gcg dan prudential banking yang konsisten akan memperbaiki tingkat kesehatan bank, serta dampak yang lebih penting lagi, akan semakin meningkatkan kepercayaan pihak-pihak yang berkepentingan (stake holder) serta para pemegang saham (share holder).

Karyawan/ti bank sulutgo yang saya banggakan…
Dalam menindaklanjuti hasil temuan ojk dan bpk, terdapat komitment kita bersama untuk menindaklanjuti hasil-hasil temuan tersebut,  sesuai batas waktu yang telah disetujui. Untuk itu saya berharap hasil pemeriksaan ojk dan bpk tersebut menjadi pijakan bagi bank sulutgo untuk memperbaiki beberapa hal yang tidak sesuai dengan aturan, dan diharapkan untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama ditahun-tahun yang akan datang agar kita benar-benar melaksanakan prudential banking secara konsisiten.

Tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya adalah sebuah ungkapan produktivitas yang harus kita maknai, dimana tahun 2016 menjadi tahun produktivitas bagi bank sulutgo yang kita cintai bersama. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, untuk mendorong pegawai mencapai produktivitas yang maksimal, management akan mengupayakan menaikkan kesejahteraan pegawai, karena disadari bahwa menaikkan kesejahteraan pegawai adalah menjadi komitment manajemen untuk memberikan motivasi, stimulus serta apresiasi kepada pegawai yang telah memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Disamping itu pula melalui sk direksi no.131/sk-sdm/dir/xii/2015 direksi memberikan penghargaan periode ke ii tahun 2015 kepada pegawai dengan masa bhakti 20, 25 dan 30 tahun. Untuk itu saya atas nama direksi menyampaikan selamat atas pengabdian dan loyalitas yang telah ditunjukan selama ini, sekaligus dorongan bagi pegawai yang lain supaya dapa t menerima penghargaan yang sama ditahun-tahun yang akan datang. Tentunya pemberian penghargaan tidak hanya dilihat dari masa kerja pegawai, akan tetapi banyak faktor yang mempengaruhi antara lain track record selama berkarir, loyalitas dan dedikasi terhadap perusahan.

Pada kesempatan yang baik ini mengawali tahun kerja 2016 saya mengajak kita semua untuk:
1.    Meningkatkan pelayanan sebagai perwujudan komitment pelayanan “ melayani adalah komitment kami”;
2.    Meningkatkan peran dan kontribusi kita sebagai pegawai bank sulutgo, dan tetap menjaga reputasi dan nama baik bank sulutgo;
3.    Bersemangat untuk mencapai target ditahun 2016 yang menantang, serta bekerja dengan sungguh-sungguh sebagai manifestasi rasa memiliki dan kecintaan terhadap bank sulutgo;
4.    Menjaga persatuan dan kesatuan diantara karyawan dan karyawati, membangun hubungan yang harmonis antara bawahan dan atasan;
5.    Meningkatkan disiplin dalam kerja, karena disiplin adalah dasar dari suatu kemajuan dan kejayaan bank sulutgo.

Akhirnya perkenankan saya atas nama direksi dan komisaris bank sulutgo,  untuk  menyampaikan selamat merayakan natal 25 desember 2015 bagi yang merayakan dan selamat tahun baru 2016 kepada seluruh pegawai bank sulutgo.

Sekian dan terima kasih