Berita dan Informasi

BSG tandatangani PKS dana BOS untuk tahun 2018

BSG tandatangani PKS dana BOS untuk tahun 2018

Manado (26/1/18) - Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Bpk Asiano G. Kawatu mengukuhkan kerjasama bersama dengan Direktur Utama Bank SulutGo Bpk Jeffry Dendeng telah menandatangani perjanjian kerjasama tentang Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SD/SDLB dan SMP/SMPLB/SMP Satu Atap/SMP-Terbuka tahun anggaran 2018. Penandatanganan kerjasama ini disaksikan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Steven Kandou, Sekretaris Provinsi Sulut Bpk Edwin Silangi, Direktur Pemasaran, Direktur Umum, Direktur Kepatuhan dan komisaris Bpk. Frederik Worang beserta Pemimpin Divisi Corporate Secretary, Pemimpin Divisi PBJ, Pemimpin Divisi Kredit Konsumer, dan Pemimpin Divisi Trisuri.

Gubernur Olly Dondokambey, dalam pesannya "belajar dari pengalaman sebelumnya dalam pencairan dana BOS masih terdapat keterlambatan sehingga dengan adanya MOU Bank SulutGo dan Dinas Pendidi Sulawesi utara kedepannya dapat berjalan lancar".

"Saya sudah mengarahkan kepada Bank SulutGo bahwa kiranya memperhatikan dan memperbaiki sistem IT-nya agar lebih cepat menginput data para guru dan lain-lain supaya proses pencairan per Triwulan berjalan lancar dan baik" terangnya didampingi Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandow dan Sekprov. Edwin Silangen.

Tak lupa Gubernur juga menghimbau soal penempatan penggunaan dana BOS agar kiranya bisa dipakai pada hal-hal yang tepat sasaran sesuai peruntukannya.

“Dimanfaatkan betul-betul untuk dana yang diterima digunakan sebaik-baiknya meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah tempat mereka mengajar,” ingat Olly, sembari menegaskan bahwa untuk pengawasannya langsung karena sistem masuk rekening koordinator guru langsung jika terlambat sepekan itu langsung ada pemberitahuan dari melalui pesan elektronik (WhatsApp).

Direktur Utama PT. Bank SulutGo, Bpk Jeffry Dendeng mengatakan,"  Dengan adanya kerjasama penyaluran dana BOS berbagai manfaat yang saling menguntungkan diharapkan akan dapat diperoleh, antara lain tujuannya adalah: 1. Untuk mempercepat penyerahan dan penyaluran BOS bidang pendidikan, 2. Memperlancar dan mempermudah penyaluran BOS sampai ke sekolah tujuan (tepat waktu sesuai dengan jumlah siswa per sekolah), dan 3. Melaporkan penyaluran BOS pertriwulan ke server monitoring dan evaluasi bos online kementrian pendidikan dan kebudayaan RI (Setiap transaksi penyaluran dana BOS ke rekening sekolah pada hari yang sama),"

Bank SulutGo mendukung kesungguhan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi dalam melakukan perbaikan demi perbaikan meliputi; kebijakan akuntansi; memperbaiki sistem pembukuan dan pencatatan terhadap transaksi-transaksi keuangan; perbaikan dalam pengelolaan aset melalui inventaris aset dan penatausahaan yang lebih tertib; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah; yang dimulai dari  tingkatan pelaksana sampai manajemen pemerintah kabupaten/Kota sehingga setiap pengambilan keputusan yang mempengaruhi kekayaan daerah telah mengacu kepada ketentuan perundang-undangan serta telah mengacu pada azaz transparansi dan akuntabilitas.