Berita dan Informasi

Bank SulutGo sosialisasi KASDA Online di Lingkungan Pemkab Bone Bolango

Bank SulutGo sosialisasi KASDA Online di Lingkungan Pemkab Bone Bolango

Bone Bolango - sebanyak 154 peserta pejabat pengelola keuangan dari Dinas, Badan, Bagian, Puskesmas, RSUD, Insepktorat dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan Keuangan daerah tahun 2019. Kegiatan yang digelar Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKP) kabupaten Bone Bolango itu dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 6-10 Februari 2019, di Mercure Tateli Manado Resort and Convention, Provinsi Sulawesi Utara.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone dan Sekda Ishak Ntoma mengatakan bahwa tujuan Bimtek para pejabat pengelola keuangan ini adalah agar mereka mempunyai pengetahuan yang semakin luas tentang regulasi maupun aturan dan substansi dari tata kelola keuangan yang baik. Sehingga anggarannya menjadi terarah, maka dampaknya ke masyarakat Tidak ada Korupsi, tidak ada mark-up, tidak ada kebocoran, tidak ada penyimpangan dan juga tidak ada penyelewengan," kata Hamim Pou saat memberikan arahan pada Bimtek pengelolaan keuangan daerah tersebut, Sabtu (9/2/2019)

Menurut Hamim, Bimtek seperti ini perlu dilakukan pemerintah daerah. Apalagi saat ini punya standar tinggi." Kita ini sudah lima tahun berturut-turut meraih opini WTP. Sementara peraturan-peraturan baru terus datang dari pemerintah pusat yang harus dipahami oleh aparat pemerintah daerah, makanya perlu dilakukan Bimtek tentang pengelolaan kuangan,"ujar Hamim.

Sementara itu Jeffry A.M. Dendeng dalam sambutannya menekankan pentingnya penerapan aplikasi KASDA Online yang memberikan benefit kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten kota se-Sulut dan Gorontalo dari sisi keamanan, kemudahan, kecepatan dan Kehandalan (4K).

Adapun keuntungan dari Aplikasi KASDA online Bank SulutGo yaitu Dari segi KEAMANAN aplikasi KASDA online menggunkaan 3-tier-authorization jadi setiap transaksi yang dilakukan pada aplikasi KASDA online akan diawasi oleh 3 pihak dan menggunkaan OTP Transaksi atau One Time Password, Password OTP merupakan salah satu cara transaksi dalam dunia digital sekarang yang di fungsikan sebagai pin untuk keamanan, dimana Pin tersebut dikirim langsung melalui sms langsung kepada pengguna.

Dari Segi KECEPATAN entry transaksi pada aplikasi KASDA Online Bank SulutGo bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pengguna sudah bisa melakukan transaksi secara real time (Real Time Transaction).

Dari Segi KEMUDAHAN, apalikasi KASDA Online Bank SulutGo dapat diakses dari perangkat apapun (PC, Lapto, atau Ponsel) yang penting terkoneksi internet dan aplikasi ini mudah penggunaannya.

Dari Segi KEHANDALAN,  fitur dari KASDA Online Bank SulutGo adalah fitur informasi Saldo Rekening, Mutasi Rekening Koran Harian, Pemindahbukuan (single & multi-rekening), Pembayaran (Telkom, Pajak, PLN) dan Pembelian (Token PLN).

Penerapan Aplikasi KASDA Online ini sudah sejalan dengan edaran Mentri dalam Negeri dalam pengimplementasian transaksi non tunai mulai 1 Januari 2018 (Surat Edaran Mendagri No. 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kota). Untuk itu Bank SulutGo berupaya mendukung solusi pengelolaan keuangan Pemda secara Non tunai, salah satunya melalui aplikasi KASDA Online V2.0 ini.

PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) saat ini juga sedang berkonsentrasi untuk membantu membiayai sejumlah proyek yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui pemberian pinjaman daerah yang dibutuhkan. "Jadi Bank SulutGo rencana akan memberikan pinjaman daerah. Ada beberapa proyek yang akan dibangun di Kabupaten Bonebol. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila yang akan kita proses untuk diberikan bantuan berupa pinjaman daerah", kata Direktur Utama PT. Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng,