Berita dan Informasi

Pekan QRIS Dulang Prestasi

Pekan QRIS Dulang Prestasi

Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara sukses melaksanakan Pekan QRIS Nasional Kawanua Basuara Digifest 2022. Festival Digital di Kawasan Megamas Manado, Jumat hingga Sabtu (19-20 Agustus 2022) ini bertujuan meningkatkan cakupan digitalisasi sistem pembayaran melalui pengunaan QRIS (QR Code Indonesian Standart).

Festival ini berhasil. Selama dua pelaksanaan, Perusahaan Jasa Pembayaran (PJP) berhasil mengakuisisi 2.927 merchant pengguna QRIS baru. "Ada penambahan 3.927 pengguna baru QRIS selama Pekan ORIS Nasional," kata Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat, Minggu (21/08/2022). 

BSG sendiri ikut berpartisipasi, membuka booth dan berhasil meraih penghargaan dari beberapa kompetisi yang digelar. Misalnya, BSG Choir yang meraih juara pertama, Kompetisi Street Fashion Perbankan keluar sebagai juara kedua. 

Arbonas Hutabarat mengatakan, pihaknya berterima kasih perbankan Sulawesi Utara yang telah membantu akuisisi merchant. Katanya, penggunaan QRIS sebagai kanal pembayaran untuk mendukung transaksi digital.

"Kami harapkan dapat berlanjut sehingga pembayaran digital semakin masif," jelasnya. 

Dengan adanya adanya Pekan ORIS Nasional Kawanua Digifest Basuara, diharapkan meningkatkan transaksi nontunai masyarakat serta dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman pengguna terkait implementasi penggunaan ORIS. 

BI berterima kasih kepada Pemerintah Kota Manado dan BMPD Sulawesi Utara yang turut memberikan dukungan dalam peningkatan transaksi digital masyarakat. Selama dua hari pelaksanaan, BI dan BPMPD Sulawesi Utara sukses menggelar sejumlah kegiatan kreatif.  Berbagai kegiatan itu mendorong peningkatan penggunaan pembayaran nontunai dengan QRIS dalam Festival Digital Kawanua Basuara. 

Beberapa kegiatan itu, lomba Basuara Choir Contest Perbankan dan Umum; Basuara Fashion Street anak dan dewasa; lomba K-Pop/Dance; lomba fotografi; Zumba bersama Debora.  Selain itu, berbagai performance dari Ikatan Nyong Noni Sulut, Ikatan Wanita Perbankan, Open Street dari berbagai komunitas, bank lokal dan Bassgilano. 

Selama Festival, masyarakat menunjungi stand Warong Basuara, UMKM juliner di booth-booth yang telah tersedia. Mereka wajib bertransaksi dengan menggunakan QRIS.