Berita dan Informasi

Dirut BSG beri Materi Adaptive Career Path pada acara LPPI Human Capital BPD Conference

Dirut BSG beri Materi Adaptive Career Path pada acara LPPI Human Capital BPD Conference

Bali - Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menyelenggarakan BPD-Human Capital Conference 2023 : “Together Growing Better dan Stronger", yang diselenggarakan hari selasa dan rabu, 16-17 Mei 2023 di Merasuka Hotel, Nusa Dua, Bali

BPD menjadi kunci  pengembangan bisnis perbankan daerah yang tangguh dan siap berkompetisi dan sekaligus bersinergi membangun ekonomi daerah. Kolaborasi pengembangan SDM perbankan diharapkan mampu menciptakan Satu Semangat untuk menciptakan SDM yang tangguh dan siap membangun perbankan daerah dan nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, LPPI menyelenggarakan BPD Human Capital Conference Tahun 2023.

Acara tahun ini special karena Direktur Utama Bank SulutGo, Revino M Pepah menjadi salah satu Keynote Speaker dengan mengusung tema "Adaptive Career Path, Implementation & Challanges in Regional Development Bank", selain dirut BSG acara ini diisi oleh berbagai Narasumber, yakni Kepala Eksekutif Pengawas OJK Bpk Dian A. Rae, Dirut HC Bank BCA Bpk Mulyaman Hadad, Dirut Bank DKI, Bpk. Fidri Arnaldy, dan Direktur Operasional Bank BJB, Bpk. Tedi Setiawan.


Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu agenda pembangunan yang menjadi fokus pemerintah yang tertuang dalam RPJM 2020-2024. Sejalan dengan program pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Buku Cetak Biru Pengembangan Kompetensi mencanangkan program-program pengembangan kompetensi SDM bidang jasa keuangan guna mengejar financial skill industri keuangan Indonesia. Sebab, dalam hal kompetensi financial skill, Indonesia berada pada peringkat ke-46 jauh tertinggal dibanding beberapa negara Asia lainnya. Dengan demikian diharapkan seluruh peta arah pengembangan SDM perbankan terintegrasi dan memiliki standar kompetensi yang sama ke depannya. Mengingat Sektor Jasa Keuangan (SJK) menjadi sangat penting mengingat sektor ini merupakan salah satu sektor penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana menyumbang 15,8% dari total keseluruhan penggerak ekonomi.


Untuk diketahui, LPPI telah lebih dari 60 tahun menjadi mitra regulator dan industri keuangan senantiasa turut serta dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan training, seminar & workshop, assessment serta kegiatan consulting di bidang Human Capital (HC) Management mulai dari penyusunan Blue Print HC, Arsitektur Training, Kamus Kompetensi, Kamus Individual Development Plan dan pedoman lainnya terkait HC. Dan BPD adalah mitra strategis LPPI dalam pengembangan sumber daya manusia industri perbankan yang sejalan dengan rencana Cetak  Biru SDM SJK yang diterbitkan oleh OJK.