Berita dan Informasi

BKKBN SULUT & BSG SEPAKAT UNTUK KERJASAMA

BKKBN SULUT & BSG SEPAKAT UNTUK KERJASAMA

Senin 19 Juni di Sintesa Peninsula Hotel, berlangsung ceremony penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Utara dengan PT. Bank SulutGo (BSG) tentang Pembayaran Operasional dalam rangka Pemutakhiran Pendataan Keluarga dan Pembiayaan Permodalan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor

Salah satu aspek beneficial dalam kesepakatan ini adalah para keluarga akseptor yang kondisinya pra sejahtera dapat mengakses fasilitas pembiayaan kredit oleh BSG dalam rangka peningkatan pendapatan selama ybs memiliki usaha mikro/menengah yang berpotensi untuk berkembang. BSG akan mendapatkan kemudahan akses data dari BKKBN akan para keluarga akseptor yang potensial untuk dibiayai dan mendapatkan rekomendasi untuk kemudian dapat dibiayai oleh Bank dengan skema Kredit Usaha Rakyat dengan harapan agar usaha mereka dapat berkembang dan mengalami peningkatan kesejahteraan.

Kesepakatan Kerjasama ini meliputi antara lain penyaluran pembiayaan operasional melalui fasilitas perbankan BSG kepada penerima dana operasional pemutakhiran pendataan keluarga.


Melalui kerjasama ini, diharapkan proses pembayaran biaya operasional pemutakhiran pendataan keluarga dapat dilakukan secara efisien, mengurangi keterlambatan, dan memberikan kemudahan bagi pengguna layanan BKKBN. Selain itu, dengan adanya pembiayaan permodalan usaha yang terfasilitasi melalui Bank SulutGo, diharapkan pelaku usaha di berbagai sektor dapat memperoleh akses yang lebih mudah dan cepat terhadap modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Dalam acara penandatanganan MOU ini, dilakukan langsung oleh Ir. D. Tino Tandaju, M.erg Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov Sulut dan Direktur Utama Bank SulutGo, Revino M. Pepah. Mereka menyampaikan komitmen untuk bekerja sama dalam melaksanakan program pemutakhiran pendataan keluarga dan mendorong pertumbuhan usaha, serta memastikan bahwa pembayaran biaya operasional dan pembiayaan permodalan usaha dapat berjalan dengan lancar.

Acara penandatanganan ini diadakan dalam momentum Kegiatan Penguatan Peran Bunda Pendamping Keluarga dalam Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Sulawesi Utara, dimana dalam kegiatan tersebut Ketua TP - PKK Provinsi SulawesiUtara Ibu Ir. Rita Dondokambey - Tamuntuan mengukuhkan para Ketua TP -PKK Kabupaten/Kota sebagai Bunda Pendamping Keluarga Tingkat Kabupaten/Kota.

BKKBN berterima kasih kepada Bank SulutGo atas dukungan dan kemitraan yang diberikan dalam menghadirkan solusi pembayaran yang inovatif. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat dalam pemutakhiran pendataan keluarga dan memperkuat perekonomian melalui pembiayaan permodalan usaha.