Berita dan Informasi

Bank SulutGo resmi luncurkan 2 jenis kartu ATM berlogo GPN

Bank SulutGo resmi luncurkan 2 jenis kartu ATM berlogo GPN

Manado,  - Bank Indonesia (BI), Bank SulutGo bersama dengan seluruh perbankan di Sulawesi Utara meluncurkan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu.

"Peluncuran GPN di Sulut bertepatan dengan momen HUT RI ke-73, karena sistem ini untuk kepentingan nasional, sehingga harus segera diluncurkan setelah di Jakarta dan kota besar lainnya," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado.

Soekowardojo mengatakan sehingga masyarakat di Sulut yang memiliki kartu debit bisa langsung menggantinya dengan yang memiliki logo GPN.

Ia mengatakan transaksi di dalam negeri melalui sistem GPN sudah bisa dilaksanakan secara efektif, meski penerbitan kartu debit/ATM GPN masih terus dilakukan oleh pihak bank secara bertahap.

Pihaknya memohon dukungan dari semua pihak. Implementasi GPN merupakan landasan untuk sistem pembayaran ke depan di Tanah Air Indonesia.

BI, perbankan dan pemerintah akan terus melakukan sosialisasi bersama agar transaksi dengan kartu debit/ATM GPN dapat berjalan maksimal mulai tahun ini.

Dia memastikan keuntungan dari kartu debit/ATM GPN akan bisa dirasakan oleh nasabah, pedagang (merchant), hingga bank. Misalnya, bagi nasabah dan merchant bisa mendapat untung dari penghematan pengenaan biaya transaksi di mesin EDC (Merchant Discount Rate/MDR).

Karena, katanya, pengenaan MDR untuk transaksi di mesin EDC bank yang berbeda hanya 1 persen dari sebelumya 2-3 persen. Bahkan, pengenaan MDR nol persen akan diberlakukan pada pencairan dana bantuan sosial (bansos) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Soekowardojo menegaskan pelaksanaan GPN ini bukan bermaksud untuk memproteksi transaksi di dalam negeri dari perusahaan switching asing, namun untuk memperkuat penciptaan sistem pembayaran yang lebih efisiensi dan aman bagi masyarakat.

Ia menjelaskan prinsipal luar tetap disambut baik untuk berbisnis di Indonesia. Tapi semua transaksi di dalam negeri sudah semestinya, routingnya di Indonesia.

Direktur Utama Bank SulutGo, Bpk Jeffry A.M. Dendeng yang hadir pada peluncuran tersebut mengatakan Bank SulutGo sangat mendukung program BI khususnya program GPN di Sulawesi Utara.

“Bank SulutGo telah menyiapkan 2 jenis kartu ATM Bank SulutGo terbaru dengan logo GPN yaitu ATM jenis Gold dan Silver untuk menggantikan kartu ATM lama” kata Jeffry

Jeffry mengatakan Bank SulutGo akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi keunggulan dan kelebihan kartu ATM yang baru inidi seluruh jaringan kantor Bank SulutGo sehingga kartu ATM berlogo GPN ini bisa dimengerti  dan diterima oleh nasabah.