Berita dan Informasi

Bank SulutGo mendapat  'A (idn)'; Outlook Stabil

Bank SulutGo mendapat 'A (idn)'; Outlook Stabil

Fitch Ratings-Jakarta / Taipei / Singapore-1 Februari 2016: Fitch Ratings telah menegaskan 'A (idn)' Penilaian Nasional Jangka Panjang dan 'F1 (idn)' Jangka Pendek Nasional Penilaian dari empat bank pembangunan daerah Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri (Bank Riau Kepri), PT Bank Pembangunan Daerah Lampung (Bank Lampung), PT Bank Pembangunan Daerah Maluku (Bank Maluku) dan PT Bank SulutGo (Bank SulutGo). Dengan Outlook Stabil.

'A' Jangka Panjang Penilaian Nasional menunjukkan ekspektasi risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan emiten atau kewajiban lainnya di negara yang sama. Namun, perubahan keadaan atau kondisi ekonomi dapat mempengaruhi kapasitas untuk pembayaran tepat waktu untuk tingkat yang lebih besar daripada yang terjadi untuk komitmen keuangan dilambangkan dengan kategori dinilai lebih tinggi.

Penilaian 'F1' Jangka Pendek Nasional menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu komitmen keuangan relatif terhadap emiten lain atau kewajiban di negara yang sama. Pada Peringkat Nasional skala Fitch, peringkat ini ditugaskan ke terendah bawaan risiko relatif terhadap orang lain di negara yang sama. Di mana profil likuiditas sangat kuat, "+" ditambahkan ke rating yang diberikan.

KEY RATING DRIVERS - PERINGKAT NASIONAL
Penilaian Nasional Bank Riau Kepri, Bank Lampung, Bank Maluku, dan Bank Sulutgo mencerminkan pandangan Fitch bahwa bank-bank tersebut penting bagi pemerintah daerah untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal. Berdasarkan signifikansi regional mereka, Fitch memperkirakan potensi, tetapi terbatas, dukungan dari pemerintah pusat karena pentingnya sistemik mereka lebih rendah dibandingkan dengan bank-bank besar lainnya di Indonesia.

Sebagai bank pembangunan regional memainkan peran yang semakin penting dalam pembiayaan kegiatan ekonomi, OJK, regulator sektor keuangan telah meminta bank-bank pembangunan daerah untuk meningkatkan modal mereka untuk lebih dari IDR1trn pada tahun 2018. Sejak tahun 2015, bank ini juga telah diminta oleh OJK untuk membuat lebih banyak pinjaman untuk pegawai non-PNS, khususnya kredit mikro, dengan target pinjaman tersebut membuat setidaknya 20% dari portofolio pinjaman mereka pada tahun 2018. Meskipun demikian, pertumbuhan kredit di kredit mikro tidak mungkin untuk mengubah pandangan Fitch pada bank ' pentingnya pemerintah daerah masing-masing. Pinjaman untuk pegawai non-PNS (tidak termasuk proyek-proyek pemerintah) mewakili sekitar 4% -7% dari portofolio kredit bank-bank 'di 3Q15.

Semua bank pembangunan daerah dinilai, kecuali Bank Sulutgo, telah mempertahankan kapitalisasi yang memadai, dengan Tier 1 rasio modal dari 13% -16%. Bank Sulutgo Tier 1 menurun menjadi 9,5% pada akhir 3Q15 dari sekitar 16% pada akhir 2013, sebagian besar disebabkan oleh penurunan saham dari salah satu pemegang saham utama yang mengakibatkan beberapa bentuk pembayaran modal.

Selain Bank Kepri Riau yang mengalami beberapa penurunan pinjaman terkait komoditas di 3Q15, kualitas aset untuk tiga bank regional lainnya dinilai masih jinak. Namun demikian, Fitch mengharapkan kualitas aset bank-bank 'untuk tetap dikelola diberikan fokus utama mereka pada pinjaman untuk pegawai negeri sipil risiko rendah.

Profitabilitas bank Maluku telah meningkat di 3Q15 setelah mengalami satu kali kehilangan investasi sekuritas yang terkait dengan transaksi reverse repo penipuan yang penyok pendapatannya pada tahun 2014. Kerugian mengekspos kelemahan dalam kualitas manajemen dan manajemen risiko di antara bank-bank regional kecil, yang bisa terus membatasi kekuatan keuangan mandiri mereka.

RATING SENSITIVITIES - PERINGKAT NASIONAL
Tekanan Peringkat ke bawah mungkin timbul dari melemahnya pemerintah daerah dan kemampuan pemerintah pusat dan / atau kecenderungan untuk memberikan dukungan finansial yang luar biasa kepada bank-bank pembangunan daerah tersebut. Namun, Fitch percaya ini menjadi prospek terpencil di dekat jangka menengah. Kemerosotan di bank profil keuangan mandiri tidak mungkin berdampak Penilaian Nasional mereka, mengingat pemerintah daerah 'kepemilikan mayoritas di dan dukungan potensi untuk bank-bank.

Potensi upside untuk Penilaian Nasional bank mungkin timbul jika mereka berhasil menutup gap dengan rekan-rekan mereka yang lebih besar Indonesia dalam hal ukuran operasi dan aset, sambil mempertahankan suara kualitas aset catatan, kapitalisasi inti tinggi dan profitabilitas yang sehat dengan didominasi murah pendanaan basa. Namun, hal ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat untuk jangka menengah.

DRIVER RATING KEY dan RATING SENSITIVITIES- PERINGKAT UTANG
Peringkat obligasi rupiah bank senior dan medium term notes yang sama dengan Penilaian Nasional Jangka Panjang mereka sesuai dengan kriteria Fitch. Setiap perubahan dalam Penilaian Nasional Jangka Panjang juga akan mempengaruhi peringkat masalah ini.

Bank SulutGo
Nasional Peringkat Jangka Panjang menegaskan di 'A (idn)'; Outlook Stabil
Peringkat Nasional Jangka Pendek menegaskan di 'F1 (idn)'
Rupiah Obligasi Senior 2014 menegaskan di 'A (idn)'