Berita dan Informasi

Kasda Online Bank SulutGo resmi diterapkan

Kasda Online Bank SulutGo resmi diterapkan

PT Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo) terus berupaya meningkatkan pelayanan sekaligus dalam rangka mendukung program pemerintah daerah (Pemda) dalam mencapai pengelolaan keuangan daerah yang baik, transparan dan akuntabel.

Hal itu salah satunya diwujudkan dengan peluncuran Kas Daerah (Kasda) online. Hari Jumat (10/6), setidaknya ada empat pemda di Provinsi Gorontalo melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kasda Online Bank SulutGo. Mereka masing-masing Pemda Kabupaten Boalemo, Pemda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Pemda Kabupaten Pohuwato dan Pemda Kota Gorontalo. Sebelumnya, Pemda Kabupaten Gorontalo dan Pemda Bone Bolango (Bonbol) telah lebih dulu menandatangani nota kesepahaman dan PKS pada Desember 2015 lalu.

Dengan begitu, seluruh pemda tingkat II di Provinsi Gorontalo menerapkan Kasda Online.

Kegiatan buka puasa bersama keluarga besar PT Bank SulutGo dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Bank SulutGo, Johanis Ch. Salibana. Pada kesempatan itu, Johanis menyampaikan apresiasinya terhadap upaya dan sinergitas yang dilakukan pemerintah provinsi dan Bank SulutGo sehingga dapat mewujudkan Kasda Online. Melalui Kasda Online, dapat memberi dampak positif terhadap pelayanan publik dan hal ini dapat dirasakan pemerintah diantaranya mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan.

"Berbagai manfaat tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan opini BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah", ungkap johanis dalam sambutannya.

Ditambahkannya pula, bahwa PT. Bank SulutGo akan terus mendukung kesungguhan pemerintah di Provinsi Gorontalo dalam melakukan perbaikan demi perbaikan yang meliputi kebijakan akuntansi, memperbaiki sistem pembukuan dan pencatatan terhadap transaksi transaksi keuangan, perbaikan dalam pengelolaan aset melalui inventaris aset dan penatausahaan yang lebih tertib, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama yang berkaitan tentang pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari tingkat pelaksana sampai manajemen, "Dengan demikian, setiap pengambilan keputusan yang mempengaruhi kekayaan daerah telah mengacu pada ketentuan UU serta azas transparansi dan akuntabilitas", pungkasnya.

Acara Penandatanganan Kasda Online dan Buka puasa bersama ini merupakan  ajang silahturahmi antara pimpinan Bank SulutGo dengan para stakeholder yang berada di wilayah Gorontalo dan sekitarnya. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Bank SulutGo menyerahkan paket bantuan kepada 101 anak yatim dari tiga panti asuhan se-Gorontalo.