Berita dan Informasi

PEMKAB KEPULAUAN TALAUD JALIN KERJASAMA RKUD DENGAN BSG

PEMKAB KEPULAUAN TALAUD JALIN KERJASAMA RKUD DENGAN BSG

Manado - Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG) kembali dipercaya menjadi pengelola Rekening Kas Umum Daerah. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud memberikan kepercayaan penuh kepada BSG guna mengelola seluruh anggaran Pemerintah Bumi Porodisa. Hal ini dipastikan usai, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkab Talaud dan BSG, di aula lantai 5 Kantor Pusat BSG, akhir pekan lalu.

Dikatakan Plt Bupati Talaud Petrus Tuange, sudah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk mendukung BSG, lebih-lebih di tengah terus meningkatnya kepercayaan investor ke Sulawesi Utara.

"Talaud bagian dari Sulut, selayaknya lah kami memberikan kepercayaan kepada BSG untuk mengelola RKUD kita dan secara kolektif meningkatkan kualitas pemerintahan. BSG punya kemampuan untuk menopang hal ini dari sisi penydiaan layanan jasa keuangan," ungkap Tuange.

Tak hanya itu, dengan gencarnya semangat transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Yang mewajibkan seluruh pemerintah, untuk mengoversikan kas daerahnya. Dari metode konvensional, kas daerah berbasis sistem. Pihaknya, berharap wacana tersebut bisa direalisasikan dengan teknologi finansial yang dimiliki BSG.

"kita punya tiga jenis PKS yang ditandatangani. Selain RKUD, ada juga pengelolaan kas daerah berbasis aplikasi SIMDA yang gencar digaungkan BPKP. Serta di sisi lain, dengan terjalinnya kerja sama ini, semua transaksi di lingkup Pemkab Talaud wajib bersifat cashless, guna mendukung program pemerintah atau GNNT. Selain itu, dari sisi akuntabilitas dan efektivitasnya, masih jauh lebih baik kan," papar dia.

Sementara itu, Direktur Utama BSG Jeffry Y Dendeng yang diwakili Direktur Umum Revino Pepah didampingi Direktur Pemasaran Machmud Turuis dan Direktur Operasional Welan Palilingan menyambut positif kepercayaan Pemkab Talaud ini. Dikatakan Pepah, amanah ini jadi modal bagi BSG, guna terus menopang pembangunan di Sulut. Sesuai dengan tujuan BPD eksis di daerah.

"Tentunya kami sangat mengapresiasi kepercayaan Pemkab Talaud. Kiranya, dengan PKS ini semangat untuk memajukan layanan dan pembangunan di Sulut makin baik optimal ke depannya," ucapnya.